Jumat 02 Sep 2011 09:09 WIB

Dokumen Rahasia: AS Desak Qaddafi Minta Bantuan Israel

Qaddafi
Qaddafi

REPUBLIKA.CO.ID,Sebuah dokumen rahasia badan intelijen yang ditemukan di Libya menunjukkan bahwa politisi berpengaruh AS menjalin kontak dengan Muammar Qaddafi mengenai penanganan revolusi rakyat di negara itu.

 

Al Jazeera mengklaim telah memperoleh akses ke dokumen rahasia pusat badan intelijen Libya di Tripoli yang menunjukkan komunikasi langsung antara rezim Libya dan tokoh-tokoh berpengaruh di AS.

Terjadi pertemuan antara dua pejabat senior Libya dengan mantan Deputi Menteri Luar Negeri David Welch yang diserahi tugas oleh Washington untuk memulihkan hubungan diplomatik antara Amerika Serikat dan Libya pada tahun 2008.

Dokumen ini menunjukkan Welch bertemu dengan dua pejabat Libya, Abubakr al-Zleitny dan Mohammed Ahmed Ismail pada tanggal 2 Agustus, 2011 di Hotel Four Seasons di Kairo, hanya beberapa blok dari kedutaan AS, di mana Welch menyarankan supaya tim Qaddafi memenangkan perang propaganda melalui sejumlah "langkah-langkah membangun kepercayaan."

Welch juga menyarankan Qaddafi meminta bantuan badan intelijen asing untuk memberangus perlawanan rakyatnya sendiri, termasuk dinas spionase Israel.

"Setiap informasi yang terkait dengan al-Qaeda atau organisasi-organisasi ekstremis teroris harus ditemukan dan diberikan kepada pemerintah Amerika, tetapi hanya melalui badan-badan intelijen baik Israel, Mesir, Maroko, atau Yordania yang didengar Amerika.., "lapor Al Jazeera mengutip dokumen rahasia itu. 

 

sumber : IRIB/PH
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement