Selasa 13 Sep 2011 16:41 WIB

Pesan untuk Pelancong: Jauhi Belanda, Kamar Hotelnya Termahal

REPUBLIKA.CO.ID, AMSTERDAM - Dengan kenaikan harga rata-rata empat persen untuk kamar hotel di paruh pertama tahun ini, Belanda tercatat sebagai negara termahal di zona euro, disusul Italia. Demikian tercantum dalam Hotel Price Index (HPI) dari situs web Hotels.com.

Rata-rata harga kamar hotel di Belanda, 110 euro per malam. Amsterdam tetap kota termahal Belanda. Rata-rata harga kamar hotel di ibukota naik 8 persen, dari 116 menjadi 124 euro. Den Haag menempati urutan kedua, disusul Zaandam.

Di seluruh dunia, Belanda menempati urutan ke-13. Swiss negara termahal di dunia bagi wisatawan. Rata-rata harga kamar hotel naik hingga 9 persen, menjadi 151 euro per malam. Brasil menduduki urutan kedua, disusul Israel.

Penurunan harga terbesar terjadi di Mesir. Harga kamar hotel turun hingga 25 persen, setelah pecahnya serangkaian protes dahsyat Januari silam terhadap rezim presiden Hosni Mubarak. Kerusuhan berdampak terhadap kunjungan wisatawan.

Pemilik hotel terpaksa menurunkan tarif untuk menarik turis. Kondisi yang kurang lebih sama juga di Jepang, yakni terlihat penurunan harga sebesar 16 persen terkait gempa bumi dan tsunami serta bencana nuklir di pusat pembangkit nuklir Fukushima I yang Maret lalu melanda negeri Asia tersebut.

sumber : AFP/RNW
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement