Ahad 25 Sep 2011 08:12 WIB

Gerombolan Bersenjata Bunuh Turis Jerman di Afghanistan

REPUBLIKA.CO.ID,HERAT - Sejumlah pria bersenjata tak dikenal telah membunuh seorang wisatawan Jerman dan rekannya warga Afghanistan di Afghanistan tengah, Sabtu (24/9). Mereka juga melukai dua warga Afghanistan lainnya ketika mereka menembak mobil van wisatawan itu yang sedang berkeliling. Demikian kata seorang pejabat senior polisi.

''Orang-orang itu di sebuah jalan di provinsi Ghor yang miskin dan terpencil, naik mobil ke arah provinsi Bamiyan yang lebih sering dikunjungi,'' kata wakil kepala polisi provinsi Ghor, Abdul Bashir, pada Reuters.

Bashir mengatakan pria yang tewas itu adalah wisatawan. Dokumen ang ditemukan dalam barang miliknya menunjukkan bahwa ia warga Jerman. Kedutaan besar Jerman di Kabul tidak dapat dengan segera dihubungi untuk dimintai komentar.

Dua warga Jerman tewas bulan lalu ketika mendaki di gunung dekat ibu kota Kabul. Pembunuh mereka belum ditemukan.

Ghor masih relatif damai, meskipun provinsi itu membagi perbatasan dengan provinsi Helmand, salah satu markas gerilyawan di samping Kandahar di Afghanistan selatan. Tapi, itu tempat yang berisiko bagi orang-orang asing untuk berkunjung sebagai turis.

Abdul Hai Khatibi, seorang juru bicara gubernur provinsi itu, menolak berkomentar langsung mengenai pembunuhan tersebut. Tapi, dia mengatakan Taliban terbatas pengaruhnya di Ghor Ini memberi kesan bahwa penembakan itu mungkin merupakan kerja penjahat, bukan gerilyawan.

"Persaingan di antara kelompok-kelompok bersenjata telah merusak situasi keamanan di Ghor dan mendorong gerilyawan untuk mengklaim pujian bagi setiap serangan," katanya.

sumber : Antara/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement