Kamis 29 Sep 2011 06:26 WIB

AS Cemooh Iran Soal Penempatan Kapal Perangnya

Sejumlah Kapal Perang Iran
Sejumlah Kapal Perang Iran

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON - Amerika Serikat Rabu (28/9) memperlakukan klaim Iran bahwa pihaknya akan mengirim kapal ke dekat dengan perairan AS dengan cemoohan, dan mengatakan itu tidak mencerminkan kemampuan Teheran untuk proyek kekuatan laut jauh dari pantainya.

"Kami tidak menerima pernyataan-pernyataan itu dengan serius, mengingat bahwa mereka tidak mencerminkan semua kemampuan angkatan laut Iran," kata juru bicara Presiden Barack Obama, Jay Carney.

Departemen Luar Negeri juga mengeluarkan komentar semacam itu. "Saya hanya akan mengatakan bahwa mengingat ukuran terbatas, kemampuan angkatan laut Iran sebaiknya berfokus pada tantangan yang lebih dekat dengan dalam negerinya," kata Juru bicara Departemen Luar Negeri AS Victoria Nuland kepada wartawan.

Tantangan-tantangan itu termasuk "mengurangi potensi insiden angkatan laut di Teluk dan memainkan peran konstruktif demi kebebasan navigasi dan masalah maritim di dalam negerinya serta membantu melawan pembajakan di Teluk Aden," katanya.

Ditanya apakah Iran terlibat dalam prakarsa kontra-pembajakan di Teluk Aden atau di Samudera Hindia, dia menjawab: "Sepengetahuan saya mereka tidak terlibat dalam upaya-upaya multilateral."

Ditanya apakah Iran akan menyambut untuk memainkan peran itu, Nuland menjawab, "saya berpikir bahwa jika mereka mengambil peran yang lebih kuat di lepas pantai mereka sendiri dalam melawan pembajakan, seperti yang telah saya katakan, kita semua akan menyambut itu."

sumber : Antara/ AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement