Kamis 06 Oct 2011 16:52 WIB

Inilah Kreasi Steve Job yang Gagal di Pasaran

Steve Jobs tahun 1991
Foto: AP
Steve Jobs tahun 1991

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK  — Steve Jobs berpulang di usia 56 tahun karena kanker pankreas yang langka. Ia banyak dipuji karena kreasinya yang berhasil 'mewarnai' dunia.

Namun, ternyata, tak semua kerasi Steve Jobs meledak dan sukses dipasarkan. Inilah beberapa produk yang gagal, baik secara komersial maupun fungsi:

1. Apple III (1981) — Diluncurkan setelah kesuksesan  Apple II, produk yang difokuskan untuk pengguna bisnis ini kedodoran di pasaran. Dari sisi hardware, sangat payah. Sialnya, saat itu PC keluaran IBM tengah mendunia, dan diluncurkan pada tahun yang sama.

2. Lisa (1983) — Produk komersial pertama dari komputer untuk keperluan grafis, dengan biaya 9.995 dolar AS. Produk ini tak pernah 'ngangkat' di pasaran. Untunglah segera muncul Macintosh setahun kemudian dengan harga yang lebih masuk akal.

3. NeXT Computer (1989) — Nasibnya sama seperti Apple III dan Lisa; terlalu mahal dan membuat pengguna 'alergi' karena harganya.

4. Puck Mouse (1998) —  iMac baru yang dibuat setelah Steve Jobs kembali lagi ke Apple tahun 1996. Meraih sukses, namun banyak penggunanya kecewa karena mouse susah digunakan.

5. The Cube (2000) — Desktop computer yang cantik dan ramping, dengan body plastik transparan. Memenangkan penghargaan desain, tapi jeblok di pasaran karena harganya yang tinggi dan tak memberi kelebihan apapun dibanding Mac. versi lain dibuat dalam bentuk Mac Mini, dan lebih sukses di pasaran.

6. iTunes phone (2005) —  Tak banyak orang ingat, sebelum Apple melahirkan ponsel fenomenal iPhone, mereka telah menciptakan ponsel bisnis pertama yang jeblok di pasaran, ROKR. Hampir mirip iPod, ponsel ini juga serba tanggung karena hanya mampu menyimpan 100 lagi, dan transfernya dari komputer juga super-lelet.  

7. Apple TV (2007) — Jobs menyebut produk ini sebagai 'hobi'. Berupa kotak kcil yang bisa disambungkan baik ke TV maupun mac. melalui remote control, bisa memainkan mosik atau film dari PC ke TV. Namun harganya dianggap terlalu mahal, 249 dolar AS.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement