Jumat 14 Oct 2011 10:04 WIB

Soal Rencana Pembunuhan, AS Kontak Langsung Iran

Victoria Nuland
Foto: www.thecapitalpost.com
Victoria Nuland

REPUBLIKA.CO.ID,WASHINGTON - Amerika Serikat telah mengadakan 'kontak langsung' dengan Iran mengenai dugaan keterlibatan pemerintah Iran dalam rencana untuk membunuh Duta Besar Arab Saudi untuk Washington, Adel Al -Jubeir. Demikian kata juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Victoria Nuland, Kamis (13/10) waktu setempat.

"Kami telah mengadakan kontak langsung dengan Iran mengenai masalah ini," kata Nuland.

Namun, juru bicara tersebut menolak untuk memberi perincian lebih lanjut. Nuland hanya mengatakan ia percaya kontak itu dilakukan pada Rabu di satu tempat dan bukan di Iran.

"Kami saat ini tak siap untuk berbicara lebih jauh mengenai masalah siapa berbicara dengan siapa dan di mana. Tapi, kami cuma bisa mengkonfirmasi bahwa kami telah mengadakan kontak langsung dengan Iran," ia menjelaskan.

Pada Selasa (11/10), Departemen Kehakiman AS mendakwa Manssor Arbabsayar dan Gholam Shakuri mendorong kegiatan teror di luar negeri. Arbabsayar merupakan warga negara AS yang berusia 56 tahun dan memegang paspor AS serta Iran. Sementara, Shakuri adalah warga negara Iran.

Keduanya didakwa merencanakan untuk membunuh Adel Al-Jubeir. Pemerintah AS menyatakan seorang lagi adalah pejabat senior seperti Shakuri. Dia berasal dari Pasukan Quds yang merupakan divisi elite di Korps Pengawal Revolusi Iran yang bertanggung jawab atas operasi luar negeri.

sumber : Antara/Xinhua-OANA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement