Selasa 18 Oct 2011 08:38 WIB

Susan Sarandon Sebut Paus Benekditus sebagai NAZI

Susan Sarandon
Foto: AP/Karel Navarro
Susan Sarandon

REPUBLIKA.CO.ID,LOS ANGELES - Aktris dan aktivis sosial, Susan Sarandon, diberitakan menyebut Paus Benekditus sebagai seorang Nazi. Susan melontarkan pernyataan tersebut saat menghadiri sebuah diskusi publik dalam festival film di New York, Amerika Serikat.

Bintang film yang meraih Piala Oscar untuk perannya dalam film "Dead Man Walking" pada 1995 itu mengatakan bahwa dia telah mengirimkan Sang Paus sebuah salinan buku yang menjadi dasar film tersebut. "Paus yang sebelumnya itu bukan seorang Nazi seperti yang sekarang," katanya seperti dikutip oleh harian Newsday.

Pernyataan tersebut dikeluarkan pada Sabtu (15/10) dalam sebuah wawancara tentang karier Susan yang dipandu oleh aktor Bob Balaban. Wawancara tersebut merupakan bagian dari Festival Film Hamptons.

Newsday mengatakan bahwa Balaban sempat mengingatkan Susan mengenai pernyataannya itu. Namun, Susan justru mengulanginya kembali. Agen Susan di Holywood tidak menjawab panggilan telepon ketika dimintai konfirmasi.

Paus Benekditus yang lahir di Jerman itu sebelumnya bernama Joseph Ratzinger. Dia memang sempat bergabung dengan organisasi Pemuda Hitler pada awal 1940-an. ''Keanggotaan saat itu bersifat wajib,'' demikian menurut pihak Vatikan.

Vatikan juga mengatakan bahwa Ratzinger kemudian membelot dari kemiliteran selama Perang Dunia II. Sebagai orang Katholik taat, orang tuanya menolak ideologi Nazi.

Susan (65), yang dibesarkan di New York sebagai pemeluk Katholik Roma, dikenal luas lewat kampanye anti-kelaparan dan AIDS. Dia juga melakukan aksi penentangan terhadap Perang Irak yang dipimpin AS.

Aktris yang membintangi film "Thelma and Louse" itu sempat bertugas menjadi Duta Muhibah UNICEF pada 1999.

sumber : Antara/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement