Ahad 23 Oct 2011 09:37 WIB

Swiss Siap Bantu Lucuti Rakyat Libya Bersenjata

Pemberontak Libya di Tripoli
Foto: dw-world
Pemberontak Libya di Tripoli

REPUBLIKA.CO.ID,JENEWA - Swiss siap membantu Libya untuk melucuti senjata penduduknya setelah revolusi bersenjata berujung pada kematian Moammar Qaddafi. Swiss juga bersedia menyumbang bagi upaya penjinakan ranjau.

Dalam wawancara dengan surat kabar Sonntag, Presiden Swiss Micheline Calmy-Rey juga menyampaikan harapan bahwa sebanyak 265 juta frank (300 juta dolar AS) nilai aset Libya yang diblokir itu dapat segera dibuka.

"Tentu saja kami mengharapkan bahwa jutaan frank yang masih di Swiss dapat segera dilepas," katanya. "Sekitar 90 persen dari jumlah itu adalah milik perusahaan-perusahaan negara Libya. Kami yakin bahwa Dewan Keamanan PBB akan segera membuat keputusan mengenai pembebasan dana negara itu.''

Calmy-Rey juga menguraikan beberapa cara dimana Swiss bisa membantu Libya dalam peralihannya ke demokrasi. Swiss siap terlibat dalam melucuti senjata penduduk, memperbaiki pasukan keamanan dan juga pembuangan ranjau. Pusat-pusat keamanan Swiss di Jenewa memiliki keahlian yang relevan untuk kegiatan tersebut.

''Swiss juga siap untuk berpartisipasi dalam misi PBB," katanya.

sumber : Antara/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement