Selasa 25 Oct 2011 08:51 WIB

Terlibat Korupsi, Presiden Afsel Pecat Dua Menteri dan Nonaktifkan Kepala Polisi

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma telah memecat dua menteri yang terkait dengan korupsi dan menskor kepala kepolisian nasional, Senin, ketika ia bergerak untuk menghalau kecaman atas sikap lunak terhadap korupsi dalam pemerintahannya.

Pemerintah Zuma telah dituduh melakukan korupsi endemis, yang paling mencolok oleh salah satu sekutu terdekatnya, federasi serikat perdagangan COSATU, yang adalah pendukung lama partai Kongres Nasional Afrika yang berkuasa dan mitra pemerintah.

Zuma mengatakan kepada wartawan bahwa Menteri Pemerintahan Kooperatif Sicelo Shiceka dan Menteri Pekerjaan Umum Gwen Mahlangu Nkabinde akan meninggalkan kabinet.

Presiden Afrika Selatan itu, yang partainya selalu rendah (dukungannya) sebelum pemilihan penting kepemimpinan ANC yang tinggal 14 bulan lebih, sedang berupaya untuk meningkatkan dukungan.

Beberapa pengamat mengatakan penggeseran menter-menteri yang terkait korupsi itu merupakan keputusan baik oleh Zuma yang dipilih menjadi presiden oleh parlemen setelah kemenangan partainya pada pemilihan umum 2009.

"Ini tindakan bagus di tengah gambar politik yang buruk. Pemecatan itu khususnya membuang telur busuk dari kabinet, tanpa membuat perubahan besar pada jabatan menteri-menteri, penting bagi investor," kata Anne Fruhauf, pengamat Afrika pada kelompok konsultan dan peneliti risiko politik Eurasia Group.

Shiceka diduga telah menghabiskan 600.000 rand (74.000 dolar) untuk perjalanan mewah, termasuk kunjungan ke luar negeri negeri ke seorang teman wanita yang dipenjarakan di Swiss karena penyelundupan obat bius. Perjalanan itu tidak disetujui.

Nkabinde dan komisaris polisi Bheki Cele, yang tidak masuk kabinet, disebut dalam sebuah laporan pemerintah yang telah disetujui atas yang diduga tindakan tidak sah dalam perjanjian sewa bangunan.

Zuma mengatakan Cele ditangguhkan dengan gaji penuh sambil menunggu hasil penyelidikan luas atas tuduhan tindakan tidak sah itu.

Nkabinda dan Cele telah membantah melakukan kesalahan. Shiceka tidak berkomentar apapun.

Fruhauf mengatakan hasil penyelidikan itu akan diperhitungkan.

Hampir tidak ada penuntutan besar atas korupsi di bawah Zuma meskipun pemimpin dan anggota-anggota ANC itu telah membuat sebagai prioritas penting untuk membasmi korupsi di pemerintah ekonomi terbesar Afrika itu.

Zuma mengganti Shiceka dengan Menteri Pelayanan Umum dan Administrasi Richard Baloyi dan Nkabinde digantikan oleh Wakil Menteri Pembangunan Desa dan Land Reform Thembelani Nxesi.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement