Selasa 25 Oct 2011 20:09 WIB

Ahmadinejad Imbau Rakyat Libya Lawan Barat

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN --  Rakyat Libya didesak dan diimbau untuk bersatu mencegah negara-negara Barat menguasai negara mereka dan merampas kekayaannya. Imbauan keras ini dilontarkan Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad, Selasa (25/10).

"Tujuan pertama mereka adalah menguasai Libya dan berusaha menempatkan penguasa-penguasa non-rakyat dan non-revolusiner pada rakyatnya," katanya,  dalam satu pidato yang disiarkan langsung di stasiun televisi pemerintah dari provinsi Khorasan, Iran selatan.

Ahmadinejad menuding pasukan NATO melakukan intervesi di Libya dengan dalih membantu rakyat.

''Mereka berdalih membangun kembali Libya dengan menjarah kekayaan negara itu," kata Ahmadinejad.

Iran mendukung pemberontakan terhadap Moammar Qaddafi tetapi mengecam keras intervensi NATO yang membawa kemenangan bagi pemberontakan itu.

Sebelumnya Menteri Luar Negeri Iran, lu Ali Akbar Salehi mengirim satu pesan kepada para pemimpin baru Libya memuji "pembebasan seluruh negara itu."

Salehi mengatakan ia mengharapkan rakyat Libya akan melaksanakan kedaulatan mereka dengan "membentuk satu pemerintah yang berdasarkan demokrasi agama dan stabilitas negara itu dengan tanpa pengaruh atau campur tangan negara-negara asing."

sumber : afp
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement