Rabu 21 Dec 2011 16:43 WIB

Pegiat Kesehatan Amerika Protes Sponsor Rokok di Ajang Olahraga

Rep: Dwi Murdaningsih/ Red: Chairul Akhmad
Rokok cerutu (ilustrasi)
Foto: Antara/Seno S
Rokok cerutu (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON – Organisasi kesehatan di Amerika meminta panitia pertandingan bola antar perguruan tinggi membatalkan kerjasamanya dengan perusahaan rokok.

Komite Orange Bowl dan The National Collegiate Athletic Association (NCAA), penyelenggara ajang olahraga itu, sebelumnya telah menandatangani kontrak kerjasama dengan perusahaan rokok. Kerjasama itu rencananya akan berlangsung selama tiga tahun. Davidoff Jenewa, induk perusahaan Camacho Cerutu, pekan lalu sepakat mensponsori Festival Orange Bowl untuk tahun 2012, 2013 dan 2014.

Dalam sebuah surat terbuka kepada Komite Orange Bowl dan NCAA, 10 organisasi kesehatan masyarakat dan organisasi kedokteran mendesak agar sponsor cerutu harus dibatalkan. Mereka menganggap sponsor itu sama saja mempromosikan konsumsi rokok. Dalam suratnya, mereka mengatakan, bekerjasama dengan perusahaan rokok pada ajang olahraga sama saja dengan membujuk remaja untuk merokok.

"Pencitraan antara rokok cerutu dan kegiatan olahraga perguruan tinggi merupakan hal yang salah. Mereka telah membantu pemasaran cerutu sebagai sesuatu yang atletik, maskulin dan keren," tulis para penggiat kesehatan tersebut.

Para penggiat kesehatan mengatakan sponsor perusahaan cerutu juga bertentangan dengan aturan yang melarang atlet untuk merokok pada saat latihan ataupun dalam kompetisi. Jika ada yang nekat, atlet bisa dikeluarkan dari pertandingan.

Merokok cerutu adalah bentuk paling umum yang kedua dari konsumsi tembakau di kalangan pemuda setelah rokok. Di Florida, pada tahun 2011 lebih banyak siswa sekolah menengah atas yang menghisap cerutu dibandingkan rokok.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement