Kamis 29 Dec 2011 08:52 WIB

Burung Langka Asia Nyasar Hingga ke Tennessee, AS

REPUBLIKA.CO.ID, NASHVILLE - Burung langka Asia, Grus monacha (hooded crane) --yang biasanya cuma terlihat di Asia Tenggara, China dan Jepang, tampaknya "telah salah berbelok" dan telah bergabung dengan bangau sandhill, yang akan melewati musim dingin di Hiwassee Refuge di Tennessee tenggara, Amerika Serikat, kata beberapa ahli mengenai burung.

Kedatangan burung Asia Tenggara itu menarik perhatian banyak pengamat burung yang berminat. "Sangat menarik," kata Melinda Welton, pemimpin Masyarakat Ornitologi Tennessee dan peneliti mengenai burung bermigrasi. "Orang datang dari seluruh penjuru negeri untuk melihat burung ini."

Welton mengatakan pengamat burung setempat Charles Murray telah mencatat kedatangan pengunjung ke kota kecil Birchwood, dekat kamp Tennessee Wildlife Resources Agency (TWRA).

"Ia mencatat lebih dari 700 orang datang dan berkunjung dari seluruh penjuru negeri untuk melihat burung ini," kata wanita pengamat burung tersebut. "Orang telah datang dari 26 negara bagian dan dari dua negara, termasuk Rusia."

Burung itu telah terlihat setiap sejak pertengahan Desember, ketika bangau sandhill tiba untuk menetap selama musim dingin di taman tersebut.

Welton, sebagaimana dikutip Reuters, mengatakan jenis bangau khusus itu "bersarang di Rusia selatan dan China utara dan menghabiskan musim dingin di Jepang".

TWRA mengatakan di dalam satu siaran pers bahwa lebih dari 8.000 Grus monacha (hooded crane) --sebanyak 80 persen populasi spesies itu di dunia-- menghabiskan musim dingin di pulau Kyushu, Jepang.

Welton mengatakan tampaknya tak mungkin burung tersebut meloloskan diri dari kandang, sebab tak ada tali atau tanda lain. Malah, ia mengatakan barangkali "kegembiraan" lah yang membawa burung tersebut ke Tennessee.

"Pernah ada catatan lain mengenai burung yang telah salah berbelok," katanya. "Sekarang burung itu berada di benua Amerika Utara, dan kelihatannya ia memiliki kaitan dengan kerabat terdekatnya."

Selain bangau Asia dan sekumpulan bangau sandhill, "whooping (rejan) crane" juga melewati musim dingin di taman tersebut. Elang gundul juga biasa terlihat di tempat itu, yang berjarak 45 menit naik mobil ke utara Chattanooga.

sumber : Antara/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement