Kamis 29 Dec 2011 19:37 WIB

Amerika Mulai Cari Cara Intervensi Suriah

Rep: Ditto Papilanda/ AP/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Asap tebal dan hitam pekat membubung di langit Kota Homs, Suriah, beberapa waktu lalu.
Foto: AP
Asap tebal dan hitam pekat membubung di langit Kota Homs, Suriah, beberapa waktu lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIRUT - Anggota administrasi pemerintahan Presiden AS Barack Obama menegaskan bahwa, Kamis (29/12) malam tadi, Dewan Keamanan Nasional (NSC) telah diinstruksikan untuk mulai mencari pilihan soal intervensi AS di Suriah. Salah satu usulan yang disenu pilihan "mustahil" untuk mendirikan zona larangan terbang.

Laman Antiwar melaporkan, pertemuan ini dipimpin oleh Direktur NSC, Steve Simon, dan dikabarkan akan melibatkan petinggi Departemen Pertahanan, Departemen Negara dan Departemen Keuangan. Fokus pertemuan adalah pada langkah-langkah untuk "membantu" oposisi Suriah.

Sekalipun tidak dijelaskan, tentu saja, pertanyaannya adalah pihak mana persisnya dari oposisi Suriah yang akan dibantu oleh pemerintah AS. Tampaknya, kemungkinan AS akan menggunakan taktik dengan membantu kelompok yang memberikan mendukung besar atas kehadiran AS di negara ini.

Di antara pilihan dipertimbangkan dalam pertemuan adalah memberikan "bantuan kemanusiaan" kepada pasukan pemberontak. Serta mendirikan zona aman di wilayah Suriah, mungkin melalui cara-cara militer, dekat perbatasan Turki, hal yang telah juga dipertimbangkan oleh Turki.

Para pejabat mengatakan bahwa pembicaraan ini masih bersifat langkah awal, dan tidak ada tindakan yang dilakukan dalam waktu dekat, sekalipun mereka mengakui bahwa putaran sanksi terakhir terhadap rezim Presiden Suriah Bassar Al Assad tidak bekerja.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement