Kamis 05 Jan 2012 19:58 WIB

Tumor 90 Kg Ngendon di Kaki Kanan Seorang Pria Vietnam

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Seorang pria yang tidak dapat berjalan karena tumor yang bersarang di kaki kanannya dengan berat lebih dari badan pria tersebut dijadwalkan menjalani operasi pengangkatan tumor pada Kamis di Vietnam, kata pejabat rumah sakit.

Tumor seberat 90Kg di kaki Nguyen Duy Hai direncanakan diangkat oleh tim dokter melalui operasi selama 10 jam yang hanya memiliki kemungkinan berhasil sebesar 50 persen, kata pejabat rumah sakit France-Vietnam di Ho Chi Minh.

Hai (30), yang mengidap ganguan genetika, telah menderita akibat tumor itu sejak usia empat tahun, demikian pernyataan rumah sakit FV.

Pada usia 17 tahun, kaki Hai diamputasi, namun tumor yang tidak bersifat kanker itu terus berkembang, membuat Hai sulit berjalan dan tidur.

Bobot tumor tersebut dianggap sebagai yang terbesar sepanjang sejarah Vietnam, menurut media pemerintah --yang terus mengikuti perkembangan Hai dari tahun ke tahun.

"Operasi ini penuh dengan resiko, termasuk resiko kematian saat operasi dan perawatan pasca-operasi," kata rumah sakit. Namun pasien dan keluarganya memutuskan untuk meneruskan operasi pengangkatan tumor itu, katanya.

Operasi maraton akan dipimpin oleh dokter Amerika Serikat McKay McKinnon, yang sukses mengangkat tumor seberat 80Kg dari tubuh seorang perempuan Romania pada 2004.

McKinnon membebaskan biaya untuk operasi Hai, sementara biaya lain yang diperkirakan mencapai 250 juta dong (sekitar 12 ribu dolar AS) akan ditanggung oleh para donatur, kata rumah sakit FV.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement