Selasa 17 Jan 2012 11:26 WIB

Penumpang Costa Concordia: Kami Ikat Sprei dan Tali Demi Selamatkan Diri

Penumpang kapal Costa Concordia bersiap untuk melakukan penyelamatan diri
Foto: ABC/Benji dan Emily Smith
Penumpang kapal Costa Concordia bersiap untuk melakukan penyelamatan diri

REPUBLIKA.CO.ID, Pasangan Amerika yang selamat dari insiden kapal pesiar Italia yang terguling menuturkan mereka harus mengikat seprai dan tali bersamaan untuk menuruni sisi kapal yang tenggelam demi menyelematkan diri.

"Saat itu setiap orang berpikir tentang dirinya sendiri," kata Emily Lau, seorang penumpang asal Amerika yang ikut berlayar bersama Costa Concordia. "Yang pasti tak seorang pun tahu bagaimana membantu karena mereka tak pernah dilatih untuk itu. Ini benar-benar kegagalan kapal.

Lau 27 tahun dan suaminya, Benji Smith, 34, sangat marah dengan kapten kapal yang ditahan dan dinterogasi gara-gara mengabaikan dan meninggalkan penumpangnya ketika kapal mewah itu mulai miring satu sisi usai menghantam karang. Enam orang meninggal dan lebih dari puluhan orang masih hilang.

"(Kepada kapten) saya akan bilang, 'Betapa pengecutnya kamu'" ujar Lau. "Orang-orang yang tertinggal--kami membantu satu sama lain untuk bisa keluar dan tetap hidup. Dan ia adalah orang yang bertanggung jawab atas kami yang ditinggalkan.

Lau dan Smith, keduanya asal Boston, tengah berbuln madu di kapal untuk 14 hari setelah pernikahan mereka di Cambride Massachuset, AS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement