Jumat 20 Jan 2012 03:07 WIB

Wikipedia: Protes Terhadap RUU Sensor ala AS Belum Selesai

Wikipedia
Wikipedia

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON - Setelah 24 jam penuh mematikan versi Inggris, Wikipedia kembali ke tampilan penuh. Namun ensiklopedia online itu menyatakan, "Kami belum selesai."

Situs itu telah menghitmkan konten selama 24 jam sebagai protes terhada paket RUU anti pembajakan di AS. Wikipedia mengatakan situs itu telah dilihat hingga 162 juta kali dengan delapan orang mengikuti instruksi untuk mengontak politisi .

Dalam situsnya Wikipedia menulis, "Lebih dari 162 juta orang menyaksikan pesan kami yang bertanya apakah anda bisa membayangkan dunia tanpa pengetahuan bebas."

Protes itu diarahkan kepada delapan anggota parlemen AS untuk menarik dukungan terhadap rancangan UU tersebut. Dua anggota Kongres yang sempat mendukung, Marco Rubio dari Florida dan Roy Blunt dari Missouri, adalah di antara mereka yang akhirnya menarik dukungan setelah 'kepedulian legitimasi.

Namun para pendukung legislasi, dipimpin oleh Asosiasi Distributor Film Amerika (MPAA) menggambarkan aksi itu sebagai langkah publik tak bertanggung jawab.

Dua UU dalam paket tersebut, Stop Online Piracy Act (SOPA) dan Protect Intellectual Property Act (PIPA) telah menciptaka kontroversi di kalangan pengguna internet dan bisnis begitu diajukan ke Kongres pada Oktober tahun lalu.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement