Jumat 20 Jan 2012 06:33 WIB

Kosovo Mulai Panas, NATO Pastikan Kondisi Tenang Namun Rawan

Polisi Kosovo.
Foto: nato.int
Polisi Kosovo.

REPUBLIKA.CO.ID, BRUSSEL---Perwira militer paling senior Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) mengatakan situasi di Kosovo saat ini "tenang tetapi rawan" dan pasukan NATO ingin menciptakan ruang bagi solusi politik."Saya rasa situasi di Kosovo selama beberapa hari terakhir bisa digambarkan sebagai sesuatu yang tenang namun tetap rawan.

Artinya bisa saja ada perubahan dalam waktu cepat. Kami memahaminya setelah beberapa kali merasakan perubahan situasi yang sangat cepat di wilayah itu," kata Ketua Komite Militer NATO, Jenderal Knud Bartels.

"Kami berupaya untuk mencegah terjadinya degradasi situasi dan menciptakan ruang yang cukup luas untuk proses politik," kata jenderal berkebangsaan Denmark itu.

"Pasukan khusus pimpinan Nato di Kosovo (KFOR) bertujuan untuk memelihara stabilitas dan menjamin adanya kebebasan bergerak," katanya.

Ketegangan di Kosovo meningkat pada musim panas lalu ketika pemerintah setempat memerintahkan unit polisi khusus untuk mengambil alih dua titik penyebrangan yang berbatasan dengan Serbia. Warga Serbia setempat kemudian membakar beberapa pos dan memblok sejumlah jalan. Puluhan tentara NATO terluka dalam bentrokan yang terjadi ketika mereka berupaya menyingkirkan blokade itu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement