Sabtu 21 Jan 2012 10:57 WIB

Memprihatinkan, Warga Palestina Kesulitan Air Minum

Rakyat Palestina antre air
Foto: sahabat al aqsha
Rakyat Palestina antre air

REPUBLIKA.CO.ID, Akibat Zionis saat ini menguasai hampir seluruh aspek kehidupan, rakyat Palestina kesulitan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Salah satunya adalah sulitnya mengakses air bersih. Berbeda dengan warga Yahudi yang bisa dengan mudah memperoleh air bersih, rakyat Palestina harus mengais-ngais.

Israel saat ini menguasai semua sumber air di Tepi Barat, termasuk akses menuju sungai Yordan. Sementara pemukim Israel yang jelas-jelas tinggal secara ilegal di tanah Palestina mendapat akses air tanpa batas.

Pemukim-pemukim ilegal ini mengonsumsi air empat kali lebih banyak dibandingkan penduduk Palestina. Dan bahkan, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menyatakan bahwa air yang dikonsumsi rakyat Palestina tidak memenuhi standar internasional.

Sekitar setengah dari total populasi penduduk Palestina di Yerusalem tidak diizinkan untuk mengakses ke pasokan air kota. Blokade Israel atas Gaza juga menghambat upaya pengolahan air limbah. Setiap harinya, sekitar 60-80 juta liter limbah dibuang ke laut Mediterania.

Lebih dari 90 persen kondisi air di Gaza tidak layak dikonsumsi manusia. Kondisi ini tidak terlepas dari penghancuran rutin yang dilakukan Zionis terhadap infrastruktur perairan milik penduduk Palestina dan perampasan terhadap komunitas pelayanan-pelayanan penting di Palestina.

sumber : sahabat al aqsha
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement