Senin 23 Jan 2012 12:30 WIB

Dihantam Tornado, Arkansas Tanpa Listrik

Rep: Amri Amrullah/ Red: Taufik Rachman

REPUBLIKA.CO.ID,ARKANSAS - Sebuah Tornado berkecepatan 70 mil, selatan ibukota negara bagian Arkansas Ahad malam, diramalkan akan menghantam beberapa wilayah di tenggara negara bagian ini, pada Senin (23/1).

Tornado tersebut merusak beberapa daerah di luar Fordyce, Dallas, Arkansas, pukul 08.00 pagi waktu setempat. Dan mengakibatkan kerusakan rumah dan penundaan jadwal penerbangan. Pohon-pohon dan tiang listrik berterbangan, kata Accuweather.com.

Seorang pejabat di Departemen Kepolisian Dallas yang tidak ingin disebut namanya, mengatakan kepada Reuters bahwa warga telah menyelamatkan para penduduk wanita,  setelah terperangkap di rumahnya ketika badai terjadi.

Potensi badai Ahad malam dan Senin ini membentang dari Teluk Meksiko di Mississippi ke arah selatan di Indiana dan Ohio.

"Sepanjang jalur yang dilewati Tornado telah hancur ," kata Bill Deger dari Badan Meteorologi setempat. Ia mengatakan, peringatan badai menciptakan situasi yang sangat berbahaya di malam hari.

Hujan lebat terjadi di Ibukota Arkansas Little Rock. sementara beberapa negara bagian terjadi hujan es seukuran bola golf dengan kecepatan angin hingga 70 mil per jam.

Menurut penyedia utilitas Entergy Arkansas, Inc., saat ini lebih dari 11.600 rumah tanpa listrik di Arkansas. Sehingga sekitar sepertiga dari wilayah Arkansas gelap gulita pada malam hari. Layanan cuaca nasional mengatakan, warga di bebrapa negara bagian Arkansas untuk berlindung sebagai tindakan pencegahan dari badai Tornado selanjutnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement