Senin 23 Jan 2012 12:46 WIB

Setelah Arkansas, Tornado Ancam Tennessee, Louisiana dan Missisippi

Rep: Amri Amrullah/ Red: Taufik Rachman

REPUBLIKA.CO.ID,ALABAMA - Badai Tornado yang menghantam negara bagian Arkansas, Amerika Serikat (AS), Ahad malam hingga Senin pagi (22-23/1), ternyata juga menghantam wilayah lain di AS.Dalam situs lembaga meteorologi, Weather.com mengatakan ancaman terbesar tornado tampak di timur Arkansas, Tennessee barat, utara Louisiana dan Mississippi utara.

Pihak Meteorologi dan Layanan Cuaca Nasional AS di Birmingham, Alabama, Mary Keiser mengatakan badai tornado yang menghantam pada Ahad semalam diakibatkan gelombang udara dingin yang kuat dari barat. Kemudian bergabung dengan udara lembab yang hangat yang mengalir naik dari Teluk Meksiko.

"Dinamika terbaik untuk ini akan menjadi di bagian barat laut negara dan lebih rendah sehingga Anda pindah ke bagian tenggara negara," kata Keiser dari perkiraan cuaca yang parah menyerang di Alabama dan sekitarnya.

Layanan praakiraan cuaca mengatakan badai bisa membawa hembusan angin hingga 80 mph, badai tornado atau hujan es seukuran bola golf di Mississippi. Lebih jauh ke barat, layanan cuaca memperingatkan bahaya kebakaran yang tinggi di Texas akibat hembusan angin yang kencang.

Badai kedua diperkirakan telah menghantam California Ahad malam, dan membawa hujan salju yang besar ke daerah pegunungan. Menurut Layanan Cuaca Nasional AS, awal pekan ini badai juga akan menghantam wilayah selatan ke Amerika.

Bagian Tengah dan Selatan California berada di bawah peringatan cuaca badai musim dingin, yang diperkirakan akan menyapu wilayah ini hingga Senin pagi.

Di Reno, Nevada, hujan salju membantu petugas pemadam kebakaran yang bersusah payah memadamkan kebakaran di dekat pinggiran kota awal Kamis lalu. Kebakaran ini  menghancurkan 30 rumah dan membuat ribuan orang untuk meninggalkan rumah mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement