Sabtu 28 Jan 2012 13:05 WIB

Ayatullah Khatami: Iran Sudah Menjadi Negara Nuklir

Ayatullah Seyed Ahmad Khatami
Foto: irib
Ayatullah Seyed Ahmad Khatami

REPUBLIKA.CO.ID,  TEHERAN --  Ulama terkemuka Iran,  Ayatullah Seyed Ahmad Khatami, menegaskan, sanksi yang diberlakukan Uni Eropa (UE) terhadap perekonomian Iran sebagai sesuatu yang tak penting.

Di hadapan jamaah shalat Jumat di Teheran, Ayatullah Khatami menyatakan bahwa UE tak bisa menghambat berbagai kemajuan yang telah diraih Republik Islam Iran dengan embargo minyak.

Menurut Ayatullah Khatami, dengan menerapkan sanksi bagi Iran, ke-27 negara UE telah menggali kuburannya sendiri. Sebab, kata dia, UE telah menerapkan sanksi yang akan merugikan mereka. Ia menyebut Eropa akan menjadi pecundang.

''Iran telah menjadi negara nuklir,'' ujarnya sambil menegaskan bahwa sanksi apapun yang diberlakukan UE tak akan membuat Iran mundur. Sanksi embargo minyak yang diterapkan Iran tak akan berdampak bagi perekonomian negeri Para Mullah, karena hanya 18 persen dari total produksi. Bahkan, parlemen Iran akan memperjuangkan agar keran ekspor minyak ke Eropa disetop pekan depan. Itu berarti, Uni Eropa akan mengalami krisis energi.

sumber : irib
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement