Sabtu 28 Jan 2012 20:04 WIB

Duh, Lima Orang Tewas dalam Pemilu di India

REPUBLIKA.CO.ID, GUWAHATI -- Lima orang tewas dalam aksi kekerasan berkaitan dengan pemilu di negara bagian Manipur, India timur laut, Sabtu (28/1).

Di antara mereka yang tewas itu adalah seorang wanita, seorang anggota petugas keamanan dan tiga staf yang bertugas melaksanakan pemilu, ketika pemberontak suku menyerang satu tempat pemungutan suara di distrik Chandel negara bagian itu.

Pemberontak itu diperkirakan dari faksi Dewan Sosialis Nasional Nagaland," kata seorang pejabat polisi. Akan tetapi sejauh ini tidak ada kelompok mengaku bertanggungjawab atas serangan itu.

Manipur yang dilanda kerusuhan itu berbatasan dengan Myanmar, adalah pertama dari lima negara bagian India menyelenggarakan pemilu awal tahun 2012 untuk memilih parlemen negara bagian itu. Partai Kongres, yang memimpin pemerintah koalisi federal, diperkirakan akan mempertahankan kekuasaannya.

Corcom, satu aliansi tujuh kelompok separatis masyarakat Manipur menganggap India sebagai penguasa kolonial. Aliansi itu menuduh pemerintah Kongres "meminggirkan masyarakat Manipur...atas kehancuran sosial, moral, ekonomi dan politik".

"Kami menentang pendudukan India atas Manipur.Karena sebagai bagian dari perang terhadap pendudukan India kami melarang partai Kongres dan agen-agen mereka di Manipur," kata aliansi itu dalam satu pesan elektronik yang diterima Reuters, Jumat. Kelompok itu mengaku bertanggungjawab atas satu serangan granat ke rumah seorang kandidat Kongres pekan lalu.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement