Sabtu 04 Feb 2012 18:23 WIB

Lirik Asia, AS Nyatakan Masih 'Teman Setia' Eropa

Hubungan AS-Eropa (ilustrasi)
Hubungan AS-Eropa (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MUNCHEN - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Hillary Clinton mengatakan Eropa masih tetap sebagai mitra utama Washington kendati AS memberikan perhatian kepada Asia.

Dalam pidato di Munchen, Jerman, Sabtu (4/2), Hillary menjanjikan usaha-usaha kooperatif bagi Eropa bersatu dan terjamin, pemulihan ekonomi, aliansi keamanan dan Timur Tengah demokratis.

Clinton juga mendesak para mitranya di Eropa dalam Konferensi Keamanan di Munchen untuk bekerja bersama dalam memenuhi peluang-peluang ke depan di kawasan Asia-Pasifik.

Karena masalah anggaran yang ketat, AS mengalihkan prioritas militernya ke Asia dan Timur Tengah kendati telah menarik pasukannnya dari Irak dan segera menariknya dari Afghanistan sesuai rencana.

Kehadiran pasukan AS di Eropa dikurangi karena Washington melihat tantangan strategis di Asia-Pasifik dengan kehadiran Cina sebagai kekuatan baru yang sedikit banyak mempengaruhi sekutu-sekutu AS di kawasan itu.

Dalam pembukaan konferensi pada Jumat, Menteri Pertahanan Jerman Thomas de Maiziere mengatakan Eropa hendaknya jangan takut dengan perubahan fokus AS ke Asia dan harus menjaga kemampuan militernya tanpa sekutu sejarahnya.

sumber : AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement