Senin 06 Feb 2012 15:59 WIB

Wow, NASA Temukan 26 Planet Baru di Luar Tata Surya

Tim ilmuwan NASA berhasil menemukan 26 planet baru di luar sistem tata surya
Foto: nasa
Tim ilmuwan NASA berhasil menemukan 26 planet baru di luar sistem tata surya

REPUBLIKA.CO.ID, Tim ilmuwan NASA berhasil menemukan 26 planet baru di luar sistem tata surya. Ukuran planet-planet baru yang ditemukan tim NASA itu bervariasi.

Ada yang sedikit lebih besar dari Bumi sampai yang lebih besar dari planet raksasa Yupiter dalam sistem tata surya. Planet-planet itu ditemukan oleh Kepler, teleskop antariksa yang memantau 150 ribu bintang.

Planet-planet asing itu mengorbit bintang-bintangnya, yang berukuran lebih besar dari matahari, satu kali tiap enam hingga 143 hari. Dalam sistem tata surya terbesar yang baru ditemukan, Kepler-33, ada lima planet dengan ukuran mulai dari satu setengah sampai lima kali ukuran Bumi.

Doug Hudgins,  seorang ilmuwan program misi Kepler, mengatakan, para ilmuwan tidak yakin planet-planet yang baru ditemukan itu mampu mendukung kehidupan.

"Kesemua planet itu berada dalam orbit yang lebih dekat dari orbit bumi mengelilingi matahari. Jadi planet-planet itu cukup panas," paparnya.

Dalam dua tahun sejak Kepler mulai mengamati alam semesta, ilmuwan telah menemukan 61 planet baru dan sekitar 2.300 kandidat planet yang perlu dikukuhkan melalui pengamatan lebih lanjut.

Kepler mengidentifikasi planet-planet yang jauh itu dengan terus memantau kecerahan bintang yang diorbitnya. Sebuah planet yang mengorbit matahari membentuk bayangan samar yang bisa dideteksi oleh Kepler.

sumber : voa
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement