Rabu 08 Feb 2012 11:55 WIB

Solana: Israel tak Berani Serang Iran

Militer Iran
Militer Iran

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN -- Mantan Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa, Javier Solana, mengatakan rezim Zionis Israel dilanda kebingungan tentang rencana serangan militer ke Iran. Dia yakin Tel Aviv takut akan dampak aksi serangan itu.

"Di Israel, ada ketakutan besar sehubungan dengan Iran. Namun, ada ketidaksepahaman tentang apa yang harus mereka lakukan terkait masalah itu," kata Solana.

Solana menuturkan Israel tahu bahwa konsekuensi dari aksi militer tidak bisa diprediksi. Serangan terhadap Iran hanya akan memperburuk situasi. ''Perdebatan soal serangan ke Iran telah menimbulkan kontroversi di kalangan politisi, pejabat militer dan warga sipil di Israel,'' katanya.

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, Ahad lalu memperingatkan para menteri dari Partai Likud untuk tidak membuat pernyataan tentang kemungkinan serangan militer ke Iran. Menurutnya, pernyataan-pernyataan seperti itu bisa menciderai Israel.

Sementara Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, memperingatkan resiko serius atas kampanye militer terhadap Iran. Dia menekankan diplomasi sebagai solusi atas kebuntuan masalah nuklir Tehran.

sumber : www.irib.ir
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement