Jumat 10 Feb 2012 06:47 WIB

Kemampuan Satelit Iran Bikin Banyak Negara Ingin Mendekat

Rep: Aghia Khumaesi/ Red: Didi Purwadi
Militer Iran
Militer Iran

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN -- Kecaman Amerika Serikat dan Uni Eropa tidak membuat sejumlah negara 'takluk' mengikuti keinginan AS-Eropa memboikot Iran. Atas nama kepentingan nasional, beberapa negara tetap mempertahankan hubungannya dengan Republik Islam tersebut.

Seperti dikutip Press TV pada Kamis (9/2), banyak negara justru mendekati Iran karena kemampuan tetangga Irak itu dalam meluncurkan satelit ke luar angkasa. Negara-negara tersebut membutuhkan bantuan Iran dalam melesatkan satelit dari bumi.

''Kemampuan dalam meluncurkan satelit ke luar angkasa semakin mengukuhkan kemajuan Iran,'' kata Kepala Badan Antariksa Iran (ISA), Hamid Fazeli, dalam wawancara eksklusif dengan Press TV. "Iran sekarang mampu membangun dan meluncurkan satelit dengan berat kurang dari 100 kg."

India sebelumnya juga menegaskan bahwa mereka tetap membuka perdagangan dengan Iran. Meski dibayangi berbagai sanksi Barat terhadap Iran, India tetap mengumumkan rencana mengirim misi dagang ke Iran guna mencari peluang bisnis di sana.

"Kami akan menyusun sebuah misi ke Iran pada akhir bulan ini. Misi untuk mempromosikan ekspor kita sendiri. Sebuah delegasi besar akan kita kirim," kata Menteri Perdagangan India, Rahul Khullar, kepada wartawan di New Delhi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement