Jumat 10 Feb 2012 11:46 WIB

Ahmadinejad Serukan Setop Proliferasi Senjata Nuklir

Rep: Aghia Khumaesi/ Red: Dewi Mardiani
Presiden Republik Islam Iran, Mahmoud Ahmadinejad
Presiden Republik Islam Iran, Mahmoud Ahmadinejad

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN -- Presiden Iran, Mohmoud Ahmadinejad, menyerukan perdamaian dengan mengatakan pada negara-negara yang memiliki senjata nuklir dan Senjata Pemusnah Massal (WMD) terutama senjata atom dan kimia, harus menghentikan proliferasi senjata tersebut. Mereka juga diimbau harus tetap berkomitmen untuk konvensi internasional mereka.

Presiden Ahmadinejad membuat pernyataan ini dalam pertemuannya dengan duta besar Iran dan kepala misi diplomatik Iran di luar negeri, di Teheran Kamis malam, (9/2). "Kita harus menghormati negara lain atas dasar kebaikan dan persahabatan," tambahnya, seperti diberitakan kantor berita Iran, IRNA.

Mengacu pada kekuatan kolonial, presiden mencatat bahwa negara-negara besar harus mengurangi tindakan militer mereka, untuk perdamian dunia.Hal ini dilakukan, untuk menghilangkan kemiskinan dan masalah bangsa lain. Ia juga menambahkan, "Tanah yang diduduki harus segera dibebaskan dan organisasi internasional harus bebas dari penindasan kelompok-kelompok khusus,"tambahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement