Jumat 10 Feb 2012 12:42 WIB

Sejumlah Menteri Arab Siap Kirim Pengamat ke Suriah

Liga Arab
Liga Arab

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Wakil Sekretaris Jenderal Liga Arab, Ahmed Bin Helli, mengatakan usulan untuk membentuk delegasi pengamat ke Suriah. Usulan itu dalam koordinasi dengan PBB dan akan dibahas dalam pertemuan menteri Arab, Ahad (12/2).

Dalam laporan kantor berita Mesir MENA, Kamis (9/2), Helli mengatakan bahwa pemberitaan mengenai penarikan misi pengamat Liga Arab dari Suriah merupakan gosip semata. Menurutnya, para pengamat tengah berlibur sampai para menteri Arab memberikan keputusan mereka dalam hal ini.

Para menteri, lanjutnya seperti diberitakan Xinhua, AFP, dan Antara, Jumat (10/2), cenderung akan membahas dalam pertemuan mereka mengenai perkembangan terakhir di Suriah, tindakan Arab di bidang diplomatik dan politik, juga mengaktifkan dan mengembangkan misi pengamat ke Suriah. Semua negara Arab memiliki hak untuk berpartisipasi atau tidak dalam proses pengamatan itu, dan 13 dari 22 negara Arab telah bergabung dalam misi.

Sementara itu Sekjen PBB Ban Ki-moon pada Rabu mengatakan, Liga Arab bermaksud untuk memulai kembali misi pengamatannya di Suriah di mana pasukan pemerintah telah membunuh ribuan warga sipil. Ban mengatakan kepada wartawan, pimpinan Liga Arab telah mengatakan kepadanya mengenai rencana untuk menghidupkan kembali misi pemantauan dan meminta kegiatan itu menjadi operasi bersama Liga Arab-PBB.

 

Liga Arab menunda tugas pengamat di Suriah pada 28 Januari, karena meningkatnya kekerasan oleh pasukan Presiden Bashar al-Assad terhadap aksi-aksi protes di kota-kota penting. Banyak negara menarik diri sepenuhnya pengamat mereka.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement