Senin 13 Feb 2012 09:25 WIB

Iran akan Luncurkan 'Prestasi Besar' di Bidang Nuklir

Reaktor nuklir Iran
Reaktor nuklir Iran

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN - Sumber-sumber di ibu kota Iran Teheran mengatakan bahwa fasilitas pengayaan nuklir Fordo akan beroperasi penuh dalam beberapa hari ke depan, kata kantor berita lokal Mehr Ahad (12/2).

Presiden Iran Mahmud Ahmadinejad mengatakan Sabtu bahwa Iran akan mengumumkan prestasi "besar" baru nuklir dalam beberapa hari mendatang.

"Dalam hari-hari berikutnya, dunia akan menyaksikan peresmian beberapa prestasi besar di bidang nuklir," katanya berpidato di hadapan kerumunan massa yang berkumpul di Lapangan Azadi Teheran pada kesempatan ulang tahun ke-33 Revolusi Islam.

Pada awal Januari, Wakil Tetap Iran untuk Badan Energi Atom Internasional (IAEA) Ali Asghar Soltanieh mengatakan di markas IAEA di Wina, bahwa Iran mulai memperkaya uranium di satu bunker bawah tanah dari fasilitas nuklir Fordo.

Pabrik nuklir Fordo telah dibangun di dekat pusat kota suci Syiah Iran Qom, yang digunakan untuk memproduksi hingga 20 persen uranium yang diperkaya.

Presiden Iran Mahmud Ahmadinejad pada Sabtu lalu mengatakan bahwa Iran selalu siap untuk pembicaraan masalah nuklirnya, tetapi tidak akan menyerah pada tekanan Barat untuk menghentikan haknya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement