Selasa 14 Feb 2012 22:13 WIB

Turki: Serangan Terhadap Iran 'Bencana Besar'

Menteri Luar Negeri Turki Ahmet Davutoglu
Menteri Luar Negeri Turki Ahmet Davutoglu

REPUBLIKA.CO.ID,  WASHINGTON -- Menteri Luar Negeri Turki, Ahmet Davutoglu, memperingatkan, setiap serangan terhadap Iran akan menjadi bencana besar bagi kawasan.

"Sebuah serangan militer adalah sebuah bencana. Seharusnya tidak menjadi pilihan, terutama pada titik balik bersejarah di wilayah kita, kita tidak ingin melihat lagi ketegangan besar," ujar Davutoglu saat berbicara di Pusat Strategis dan Studi Internasional di Washington, seprti dikutip Press TV, Selasa (14/2).

Turki, kata dia, menentang keras serangan terhadap Iran. ''Kami tidak akan pernah, tidak pernah mendukung setiap serangan militer atau ketegangan militer, ketegangan militer lain di wilayah kami."

Pemerintah Turki, menurut Davutoglu, mendukung hak Iran untuk memiliki program nuklir damai. "Ini benar-benar jelas tentang keinginan Iran untuk memperoleh teknologi nuklir damai."

Amerika Serikat, Israel, dan sekutu mereka menuduh Iran mengejar program nuklir militer. Iran membantah keras tuduhan Barat, dengan alasan bahwa sebagai penandatangan Traktat Non-Proliferasi Nuklir (NPT) dan anggota Badan Energi Atom Internasional (IAEA), memiliki hak untuk menggunakan teknologi nuklir bertujuan damai.

sumber : irib
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement