Rabu 15 Feb 2012 07:01 WIB

Mario Monti Tolak Dukung Italia Tuan Rumah Olympiade 2020

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Perdana Menteri, Mario Monti, pada Selasa mengecilkan peluang Roma untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2020, dengan mengatakan bahwa situasi ekonomi yang sulit di Italia akan mencegah pemerintah mengeluarkan jaminan keuangan yang diperlukan.

"Kami sampai pada kesimpulan bulat bahwa pada kondisi Italia saat ini, pemerintah tidak akan sanggup untuk mengambil tanggung jawab terhadap komitmen untuk memberikan jaminan (keuangan) yang diperlukan untuk menjadi tuan rumah Olimpiade," kata Monti kepada para pewarta setelah pertemuan kabinet.

Italia telah melakukan serangkaian penghematan pada enam bulan terakhir sebagai upaya untuk mengimbangkan neraca keuangan serta menghadapi krisis utang yang telah mengancam seluruh daratan Eropa.

Monti berkata bahwa berusaha menjadi tuan rumah Olimpiade dapat 'menimbulkan resiko pada manfaat yang kami percaya dapat diraih melalui pengorbanan-pengorbanan yang kami minta kepada warga Italia.'

Walikota Roma, Gianni Alemanno, dan komite OIimpiade Italia (CONI) telah didesak oleh Monti selama sepekan untuk mengurungkan niat menjadi tuan rumah Olimpiade 2020, 60 tahun setelah terakhir kali menjadi tuan rumah Olimpiade 1960. Keputusan untuk tidak mencoba 'bertarung' demi mendapat hak menjadi tuan rumah Olimpiade kelihatannya akan memancing kontroversi di negara yang mencintai olahraga ini.

Komite Olimpiade Internasional (IOC) telah meminta pemerintah-pemerintah nasional untuk mendukung tawaran dari kota-kota kandidat dengan sebuah surat pada 15 Februari, sambil meminta jaminan untuk dapat mengatasi berbagai masalah keuangan yang mungkin terjadi selama persiapan Olimpiade.

Para pendukung keinginan Italia untuk menjadi tuan rumah Olimpiade beralasan bahwa pesta olahraga multi cabang itu dapat menarik investor dan pertumbuhan ekonomi untuk membantu masalah ekonomi kronis di Italia, di mana sebagian besar pengamat meyakini bahwa resesi akan berlangsung sepanjang tahun ini.

Roma berencana untuk menggunakan sebagian besar arena yang dibangun untuk Olimpiade 1960 jika mereka mendapat hak menjadi tuan rumah Olimpiade 2020. Doha, Madrid, Istanbul, Tokyo, dan Baku (Azerbaijan), juga mengatakan bahwa mereka tertarik menjadi tuan rumah Olimpiade 2020.

Olimpiade 2012 akan dilangsungkan di London pada musim panas ini, sementara Olimpiade 2016 akan dihelat di Rio de Janeiro.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement