Rabu 15 Feb 2012 10:26 WIB

Mesir Tuduh AS Sebabkan Kekacauan

mesir-amerika
Foto: theglobal-review.com
mesir-amerika

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO - Surat kabar resmi Mesir di dalam berita utama mereka Selasa (14/2) menuduh AS berencana menyebar kekacauan di Mesir, sehingga meningkatkan pertikaian yang dikatakan Washington harus diselesaikan guna menjamin kelanjutan operasi AS.

Berdasarkan pernyataan seorang menteri pemerintah, berita utama tersebut menandai krisis terburuk  antara Washington dan Kairo selama 30 tahun terakhir. krisis dipicu oleh penyelidikan mengenai lembaga swadaya masyarakat yang berpusat di AS.

Peristiwa itu memicu tuduhan kejahatan terhadap orang Amerika yang telah dilarang meninggalkan negeri tersebut.

"Amerika berada di belakang kekacauan ini," demikian pernyataan di halaman depan harian Al Gomhuria. "Dana Amerika bertujuan menyebar kekacauan di Mesir," tulis harian Al Ahram di berita utamanya. Surat kabar itu adalah harian dengan oplah paling banyak di Mesir.

Berita utama tersebut dilandasi atas komentar yang dikeluarkan pada Oktober 2011 kepada para hakim penyidik oleh Menteri Kerja Sama Internasional Faiza Abul Naga. Tapi pernyataan itu baru muncul pada Senin (13/2), ketika disiarkan oleh kantor berita resmi Mesir, MENA.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement