Kamis 16 Feb 2012 08:43 WIB

Hillary Akan Pimpin Bank Dunia ?

Hillary Clinton
Foto: theglobal-review.com
Hillary Clinton

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Hillary Clinton tidak akan menjadi calon untuk memimpin Bank Dunia, kata juru bicaranya pada Rabu, setelah Presiden Bank Dunia Robert Zoellick mengumumkan dia akan mengundurkan diri pada Juni.

Menteri Keuangan Timothy Geithner mengatakan, Amerika Serikat akan mengajukan calon untuk memimpin pemberi pinjaman pembangunan global menyusul keputusan Zoellick, tetapi Hillary Clinton cepat meredam spekulasi bahwa kemungkinan dia dicalonkan.

"Menteri telah membahas masalah ini berkali-kali sejak tahun lalu. Dia telah mengatakan hal ini tidak akan terjadi. Pandangannya tidak berubah," juru bicaranya, Victoria Nuland, mengatakan kepada wartawan.

Selama perjalanan ke Zambia Juni lalu, Hillary mengatakan, ia "tidak mengejar" jabatan tertinggi di Bank Dunia setelah sebuah laporan berita mempertahankan dia.

"Sehubungan dengan Bank Dunia, saya tidak memiliki pembicaraan dengan siapa pun," kata Hilary Clinton mengatakan pada saat itu. "Saya telah buktikan tidak tertarik untuk apa pun, saya tidak memiliki kepentingan apapun dan saya tidak mengejar posisi itu."

Hillary Clinton akan menyelesaikan masa jabatan penuhnya sebagai menteri luar negeri pada Januari 2013 , pada saat hasil pemilu November akan menentukan apakah Presiden Barack Obama memenangkan masa jabatan kedua atau penggantinya dari Partai Republik mengambil alih.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement