Jumat 17 Feb 2012 14:54 WIB

Hizbullah: Sejumlah Pihak Ingin Gulingkan Bashar al-Assad

Rep: Aghia Khumaesi/ Red: Dewi Mardiani
Aliansi Iran-Suriah-Hizbullah (ilustrasi)
Aliansi Iran-Suriah-Hizbullah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN-- kerusuhan yang tak berujung selesai di Suriah, membuat banyak perhatian dari berbagai negara di Dunia. Sekretaris Jenderal Hizbullah, Sayyed Hassan Nasrallah, mengatakan Amerika Serikat (AS), Israel, dan beberapa negara Arab, serta Al-Qaidah berusaha untuk menggulingkan Presiden Suriah Bashar al-Assad.

"Ada desakan dari Arab, Barat, Amerika, dan Israel bahwa tidak ada solusi di Suriah kecuali menggulingkan pemerintah Suriah," kata Nasrallah, dalam pidato televisi di Beirut untuk menandai ulang tahun keempat, pembunuhan Kepala Keamanan Hizbullah Imad Mughniyah, Kamis (16/2), dikutip Press Tv.

Ia menambahkan, "Setiap alternatif di Suriah lebih baik bagi Israel, AS, dan Arab. Israel yakin bahwa setiap rezim baru lebih baik dari pemerintah Bashar al-Assad," tambahnya.

Dia juga mencatat bahwa para pejabat Suriah tahu bahwa reformasi adalah hal yang diperlukan, dan mereka juga akan mengambil langkah-langkah menuju perubahan besar. Namun, mereka juga menuduh AS mencari kerusakan di Suriah serta mengejek reformasi yang diluncurkan oleh Presiden Assad.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement