Sabtu 18 Feb 2012 04:45 WIB

Wapres Cina Bicarakan Kerjasama Pangan dengan AS

Rep: Ani Nursalikah/ Red: Ramdhan Muhaimin
Hubungan strategis AS-Cina. (ilustrasi)
Hubungan strategis AS-Cina. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES - Dalam kunjungan terakhirnya di AS, Wakil Presiden Cina Xi Jinping berada di California untuk pembicaraan bisnis. Pengganti presiden Cina itu tiba di Los Angeles dari Iowa pada Kamis, seperti dikutip dari laman BBC, Jumat (17/2).

Bersama dengan Gubernur Jerry Brown dan Wali Kota Los Angeles Antonio Villaraigosa, Xi berkunjung ke pelabuhan Los Angeles. Ia juga dijadwalkan menonton pertandingan basket NBA pada Jumat.

"Ketika saya mendengar bahwa ini adalah pelabuhan ramah lingkungan, saya merasa bahwa ini adalah prestasi besar dan dasar yang kokoh untuk masa depan perdagangan dan kerjasama ekonomi AS-Cina," ujar Xi.

Pelabuhan tersibuk di Los Angeles itu membukukan transaksi sebesar 133 miliar dolas AS tahun lalu. Baik Xi maupun Villaraigosa tidak ada yang menyinggung mengenai persoalan mata uang yuan yang mengakibatkan defisit pada perdagangan AS. Sebaliknya, mereka mengobrol dan bercanda dengan anggota rombongan.

Beberapa petugas pelabuhan mengatakan bahwa volume barang yang dikirim ke Asia terus mengalami peningkatan dan merupakan pasar ekspor terbesar bagi AS. 

Pada Kamis, Xi menyempatkan berkunjung kembali ke Muscatine, kota yang pernah dia kunjungi saat ia masih sebagai pejabat daerah pada 1985. Ia melanjutkan perjalanan ke sebuah peternakan kedelai dan jagung seluas 4.000 hektar. Xi menekankan pentingnya membina ketahanan pangan dan meningkatkan perdagangan hasil pertanian.

"Ini adalah lingkungan yang sangat nyaman," kata Xi melalui seorang penerjemah. Xi melakukan kunjungan dengan ditemani sekitar 70 pejabat Cina dan AS. Menteri Perdagangan AS John Bryson mengatakan Xi adalah pribadi pekerja keras, praktis dan rendah hati. 

Menurutnya, ketahanan pangan sangat penting bagi Cina karena jumlah penduduknya yang mencapai 1,3 miliar orang. Cina memiliki cadangan makanan yang cukup, namun masih memerlukan kedelai dan ternak dari AS.

Xi mengumumkan mereka akan membeli kedelai AS senilai empat miliar dolar. Pejabat setempat mengatakan, mereka akan mengekspor sekitar 12 juta ton kedelai ke Cina tahun ini.

Cina dan para pejabat AS mengatakan mereka akan menandatangani perjanjian kerjasama strategis lima tahun. Perjanjian tersebut merupakan upaya bagi kedua negara untuk fokus pada ketahanan pangan jangka panjang sebagai tujuan menyeluruh.

Pada awal kunjungannya ia bertemu Presiden Barack Obama di Gedung Putih dan Menteri Pertahanan Leon Panetta di Pentagon. Pada Jumat ia menghadiri forum ekonomi dan mengumumkan kesepakatan dengan DreamWorks Animation untuk membangun dan mengoperasikan sebuah studio di Shanghai, kantor berita AFP melaporkan.

Dia juga membahas isu-isu ekonomi, keamanan dan hak asasi manusia yang telah menaikkan ketegangan dalam hubungan antara kedua negara. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement