Ahad 19 Feb 2012 03:17 WIB

Latih Angkatan Laut Suriah, Dua Kapal Tempur Iran Berlabuh di Tartus

Kapal Selam Iran
Kapal Selam Iran

REPUBLIKA.CO.ID,  Dua kapal tempur Angkatan Laut Republik Islam Iran telah berlabuh di pelabuhan Tartus, Suriah guna memberikan latihan kepada pasukan Angkatan Laut Suriah berdasarkan kesepakatan yang ditandatangani oleh Teheran dan Damaskus setahun lalu.

Armada termpur Iran yang mencakup sebuah kapal tempur dan sebuah kapal logistik itu tiba di pelabuhan Tartus, di 220 kilometer barat laut Suriah, Jumat (17/2) setelah mendapat ijin dari Angkatan Bersenjata Mesir untuk melintas Kanal Suez menuju perairan Mediterania menuju pesisir Syriah. Demikian dilaporkan Mehr News Sabtu (18/2).

Angkatan Laut Iran telah meningkatkan kehadirannya di perairan internasional sejak tahun lalu dengan mengirim berbagai kapal ke perairan internasional termasuk Samudera India dan mengirim dua kapal untuk pertama kalinya ke perairan Mediterania via Kanal Suez pada Februari 2011.

Selain itu, armada Angkatan Laut Iran juga terlibat dalam pemberantasan bajak laut dan melakukan patroli maritim di Teluk Aden sejak November 2008 dalam rangka mengamankan jalur pelayaran kapal-kapal perdagangan dan tanker minyak milik atau yang disewa Iran.

Mei lalu, Sekretaris Jenderal Organisasi Maritim Internasional (IMO), Efthimios E. Mitropoulos, menilai efektif program anti-bajak laut yang diupayakan oleh Angkatan Laut Iran

sumber : irib
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement