Selasa 21 Feb 2012 23:55 WIB

Karzai Undang Langsung Pemimpin Taliban untuk Berunding

Presiden Afghanistan Hamid Karzai
Foto: AP
Presiden Afghanistan Hamid Karzai

REPUBLIKA.CO.ID, KABUL - Presiden Afghanistan, Hamid Karzai mengundang para pimpinan Taliban untuk pembicaraan langsung dengan pemerintah. Karzai juga mendesak Pakistan untuk memfasilitasi upaya-upaya perundingan guna mengakhiri perang yang telah berlangsung 10 tahun.

"Untuk mewujudkan tujuan proses perdamaian, saya mengundang kepemimpinan Taliban untuk terlibat dalam pembicaraan langsung dengan pemerintah Afghanistan," kata Karzai dalam satu pernyataan yang dikeluarkan oleh kantornya, Selasa (21/2).

"Seraya menekankan pentingnya dukungan Pakistan untuk proses perdamaian, saya dengan ini meminta pemerintah saudara kita Pakistan untuk mendukung dan memfasilitasi upaya perundingan langsung kami sebagai bagian dari proses perdamaian," tambahnya.

Pernyataan itu muncul setelah Karzai berbicara melalui telepon kepada Presiden Amerika Serikat, Barack Obama tentang langkah-langkah rekonsiliasi yang dipimpin Afghanistan dan kunjungan pekan lalu ke Pakistan, di mana dia mengatakan sudah waktunya untuk mengambil tindakan demi perdamaian.

Pemimpin Afghanistan, yang hubungannya dengan Islamabad sering terganggu dengan saling tuduh bertanggung jawab atas kekerasan Taliban yang mengganggu kedua negara, mengatakan bahwa dukungan Pakistan adalah "penting" demi keberhasilan upaya perdamaian.

sumber : ANTARA/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement