Kamis 23 Feb 2012 03:04 WIB

Malaysia Tarik Peredaran Buku Pendidikan Seks Anak

Rep: Agung Sasongko/ Red: Dewi Mardiani

REPUBLIKA.CO.ID,  KUALA LUMPUR--Pemerintah Malaysia, Rabu (22/2), melarang penjualan buku pendidikan seks anak-anak karya penulis Inggris, Peter Mayle. Alasan pelarangan itu adalah karena buku tersebut mengancam nilai-nilai moral yang berlaku di Malaysia.

Buku berjudul Dari mana Aku Berasal? yang terbit perdana pada 1984 itu, memiliki tujuan membantu orang tua untuk menjelaskan kepada anak soal topik seks, kontrasepsi, dan kelahiran. Hingga kini, pemerintah Malaysia terus melakukan penyelidikan lebih lanjut terhadap buku setebal 44 halaman tersebut.

Kementerian Dalam Negeri Malaysia, dalam sebuah pernyataan resmi, mengatakan keberatan utama pemerintah Malaysia adalah penggunaan ilustrasi grafis yang dianggap tidak pantas "Bagi mereka yang melanggar aturan akan diancam penjara tiga tahun," ungkap Wakil Sekretaris Jenderal Keamanan, Kementerian Dalam Negeri Malaysia, Abdul Rahim Mohammad Radzi, seperti dikutip AFP, Rabu (22/2).

Malaysia boleh dibilang sangat ketat mengatur peredaran buku tentang seks dan agama. November lalu, pemerintah melarang sebuah buku berisi tips seks bagi Muslimah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement