Kamis 23 Feb 2012 06:55 WIB

Kereta Anjlok Akibat Rem Blong, 49 Tewas

Petugas mengevakuasi korban dari kecelakaan kereta api di Buenos Aires, Argentina
Foto: MercoPress
Petugas mengevakuasi korban dari kecelakaan kereta api di Buenos Aires, Argentina

REPUBLIKA.CO.ID, BUENOS AIRES - Kecelakaan kereta api terjadi di Ibukota Argentina, Buenos Aires, Rabu (22/2) pagi waktu setempat. Kereta api penumpang tergelincir keluar relnya di stasiun Once pada jam sibuk. Akibatnya, 49 orang tewas dan sekitar 550 lainnya terluka. 

Kecelakaan tersebut terjadi sesaat setelah pukul 8.30 waktu setempat (19.30 WIB) dan laporan pertama menyebutkan kereta nahas tersebut menabrak dinding stasiun dan keluar dari rel akibat tidak dapat berhenti karena kerusakan rem.

Juru bicara Kepolisian Federal, Nestor Rodriguez, mengatakan kepada wartawan sedikitnya 49 orang tewas, salah satu dari korban berusia di bawah 18 tahun.

Penumpang yang terluka, yang sebagian besar terjebak selama beberapa jam di dalam kereta, dilarikan ke beberapa rumah sakit terdekat guna mendapat perawatan medis.

Menteri Transportasi Juan Schiavi langsung menuju ke lokasi kecelakaan dan menyebut peristiwa tersebut sebagai bencana transportasi yang parah.

Kepala Dinas Ambulance SAME, Alberto Crescenti, mengatakan jumlah orang yang terluka dalam insiden tersebut bertambah menjadi sedikitnya 500 orang.

"Saya terlontar lebih dari 15 meter," kata seorang korban kepada wartawan di lokasi.

Stasiun Once berlokasi di Plaza Miserere, tepat di jantung kota Buenos Aires. Jalur kereta api Sarmiento menghubungkan Stasiun Once dengan Moreno, yang terletak di bagian barat Buenos Aires.

sumber : ANTARA/Xinhua-OANA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement