Jumat 24 Feb 2012 13:11 WIB

Cina: "Kami tak akan Partisipasi dalam Konferensi 'Friend of Suriah'"

Rep: Aghia Khumaesi/ Red: Dewi Mardiani
Rusia dan Cina menjadi pendukung bagi pemerintahan Bashar al Assad, Suriah. (ilustrasi)
Rusia dan Cina menjadi pendukung bagi pemerintahan Bashar al Assad, Suriah. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, DAMASKUS-- Juru bicara Kementerian Luar Negeri Cina, Hong Lei, mengatakan negaranya tidak akan berpartisipasi dalam 'Konferensi Friends of Suriah' . Kegiatan ini diharapkan untuk mengumpulkan beberapa negara Barat dan kelompok-kelompok internasional di Tunisia untuk membantu Suriah.

Hong mengatakan, Cina tidak siap untuk menghadiri konferensi tersebut karena kebutuhan untuk lebih mempelajari tujuan, efek, dan mekanisme konferensi, serta Cina tidak tahu persiapan pertemuannya.Namun, dia menegaskan bahwa China adalah teman dari bangsa Suriah dan Arab. "Cina mendukung semua upaya yang kondusif untuk damai dan menyelesaikan masalah Suriah," kata Hong, Kamis (23/2), dikutip Press Tv.

Pejabat senior Cina menekankan bahwa negaranya berharap untuk bekerja dengan semua pihak terkait untuk memainkan peran positif dan konstruktif dalam proses penyelesaian krisis Suriah. "Cina meyakini bahwa setiap tindakan yang diambil oleh masyarakat internasional harus membantu mengakhiri ketegangan, meningkatkan dialog politik, menyelesaikan perbedaan dan memelihara perdamaian dan stabilitas di Timur Tengah," tambah Hong.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement