Sabtu 25 Feb 2012 04:37 WIB

Abduraduh Mansur Hadi Segera Pimpin Yaman

Warga Yaman menunjukkan jari-jari mereka yang telah dicelupi tinta sebagai tanda telah mencoblos di TPS di Sana'an, (Selasa, 21/2).
Foto: AP
Warga Yaman menunjukkan jari-jari mereka yang telah dicelupi tinta sebagai tanda telah mencoblos di TPS di Sana'an, (Selasa, 21/2).

REPUBLIKA.CO.ID, SANAA -- Satu-satunya calon dalam pemilihan presiden Yaman, Abduraduh Mansur Hadi mememperoleh 99,8 persen suara sah, demikian diumumkan komisi pemilihan umum Yaman, Jumat (24/2) waktu setempat.

Abduraduh Mansur Hadi yang sebelumnya menjabat wakil presiden Yaman ini mendapat 6.635.192 dari 10.243.364 pemilih yang memenuhi syarat memberikan suara mereka, atau 66 persen, dalam pemilihan yang dilakukan Selasa lalu.

Hadi akan diambil sumpahnya di parlemen pada Sabtu dan secara resmi menjadi presiden pada Senin, menggantikan Ali Abdullah Saleh, sesuai dengan perjanjian transisi yang ditengahi Dewan Kerja Sama Teluk enam negara.

.

Menurut perjanjian Teluk, Hadi menjadi satu-satunya calon dalam pemilihan semacam referendum pada Selasa, dan ia akan memimpin masa peralihan selama dua tahun.

Saleh kini berada di AS untuk perawatan medis akibat cedera dalam serangan bom terhadap istananya di Sanaa pada Juni tahun lalu, namun akan pulang ke Yaman pada saat acara serah-terima kekuasaan.

Yaman dilanda pergolakan yang menewaskan ratusan orang sejak demonstran menuntut pengunduran diri Presiden Ali Abdullah Saleh pada akhir Januari 2011.

Saleh (69), yang memerintah Yaman selama 33 tahun, menandatangani perjanjian penyerahan kekuasaan yang ditengahi oleh negara-negara Teluk di Riyadh pada 23 November, yang menetapkan ia menyerahkan kekuasaan kepada wakilnya meski ia tetap menjadi presiden kehormatan sampai Februari 2012.

sumber : Antara/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement