Sabtu 25 Feb 2012 23:24 WIB

Wow, India Dihapus dari Daftar Endemik Polio

Rep: Lingga Permesti/ Red: Heri Ruslan
Polio
Foto: AP
Polio

REPUBLIKA.CO.ID,  NEW DELHI – India sukses besar dalam mengatasi penyakit polio. Pada Sabtu (25/2), WHO menghapus India dari daftar negara yang terganggu oleh penyakit melumpuhkan itu. 

Menteri Kesehatan Ghulam Nabi Azad mengatakan WHO menghapus India dari daftar setelah  melewati satu tahun tanpa mendaftar kasus baru. Untuk dihapus dari daftar negara endemic polio, India harus melewati dua tahun tanpa kasus baru. Setelah itu, WHO akan menyatakan negara tersebut bebas polio. Tiga negara yang masih dinyatakan endemik polio yakni Pakistan, Nigeria dan Afghanistan.

Perdana Menteri Manmohan Singh memuji 230 ribu relawan yang melakukan perjalanan di seluruh India untuk memvaksinasi anak-anak. Ia memuji kerja keras relawan terbayar karena India berhasil bebas polio.

"Ini memberi harapan bahwa kita akhirnya bisa memberantas polio tidak hanya dari India tapi dari muka bumi  keseluruhan," katanya pada konferensi polio di New Delhi, Sabtu (25/2).

Ia mengatakan harus lebih banyak penelitian  untuk memastikan setiap anak India memiliki akses untuk diimunisasi dan memeroleh sanitasi yang lebih baik, pendidikan, air minum yang aman dan makanan bergizi. "Kita perlu mendidik anak-anak kita dan sang ibu tentang pentingnya kebersihan dan kesehatan" kata Singh.

Keberhasilan India dalam melawan polio karena adanya kerjasama antara pemerintah, WHO, UNICEF dan Rotary International, yang anggotanya telah memberikan kontribusi lebih dari $ 1 miliar untuk upaya pemberantasan global.

sumber : ap
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement