Senin 27 Feb 2012 03:30 WIB

Untuk Serang Iran, AS tak Gunakan Pangkalan Militernya di Kirgistan

Pangkalan AU AS di Kirgistan
Pangkalan AU AS di Kirgistan

REPUBLIKA.CO.ID, Duta Besar Amerika serikat (AS) untuk Rusia, Michael McFaul menepis kemungkinan pihaknya akan menggunakan pangkalan militernya di Manas, Kirgistan terkait konflik dengan Iran, terutama jika terjadi opsi penyerangan.

"Manas sebagai pusat transit memberikan kontribusi yang berarti terutama untuk menstabilkan dan mengamankan Afghanistan dan hanya akan digunakan untuk keperluan itu," tulis McFaul dalam Twitter, Ahad (26/2).

Pernyataan itu disampaikan McFaul terkait tudingan juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Alexander Lukashevich pada Rabu kemarin. Ketika itu, Lukashevich mengatakan bahwa AS akan menggunakan pangkalan militer di Manas, dekat ibukota Kirgistan, Bishkek untuk menyerang Iran.

Lukashevich juga mengingatkan AS bahwa kemungkinan menyerang Iran dan jika Teheran membalas akan meningkatkan kekhawatiran di Asia tengah.

Sebelumnya pada pertemuan Senin kemarin, dengan delegasi AS yang dipimpin Deputi Asisten menteri untuk urusan Asia dan Selatan, Susan Elliot, Presiden Kirgistan, Almazbek Atambaev menegaskan, tidak akan ada lagi tentara asing di pangkalan udara Manas pada 2014 mendatang.

sumber : Press Tv
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement