Selasa 28 Feb 2012 02:52 WIB

Belum Juga Bunuh Putin, Dua Pria Ini Sudah Diciduk Intel

 Perdana Menteri Rusia, Vladimir Putin
Foto: AP
Perdana Menteri Rusia, Vladimir Putin

REPUBLIKA.CO.ID, Dinas Rahasia Rusia menangkap dua pria terkait rencana pembunuhan terhadap Perdana Menteri (PM) Vladimir Putin usai pilpres pada 4 Maret mendatang. Demikian dinyatakan televisi negara Channel One Senin (27/2).

Stasiun televisi ini memperlihatkan dua pria, di mana dalam tayangan tersebut mereka mengaku diperintah oleh tokoh Chechnya Doku Umarov. Terungkap bahwa mereka menyiapkan serangan di Odessa, Ukraina dan akan melakukannya di Moskow.

Menurut Channel One, pembuat makar itu datang ke Ukraina dari Emirat Arab melakui Turki. Mereka jelas mendapat perintah dari para wakil Doku Umarov. Salah seorang dari pria itu tewas akibat bom pada Januari kemarin. Kemudian kasus ini mulai diselidiki.

Televisi pemerintah Rusia juga memperlihatkan seorang pria bernama Pyanzin. Televisi juga menayangkan gambar Putin yang naik mobilnya. Gambar itu ada di laptop orang kedua yang tertangkap, yang diidentifikasikan sebagai Adam Osmayev.

"Tujuan terakhir adalah datang ke Moskow dan berusaha membunuh Putin," kata Osmayev. "Dan batas waktunya adalah setelah pemilihan presiden Rusia," kata Osmayev lagi.

sumber : ANP/AFP/RNW
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement