Kamis 01 Mar 2012 11:31 WIB

Tidak Ada Ruang Khusus, Mahasiswa Muslim Belanda Shalat di Pojok Tangga

Ruang tangga/ilustrasi
Foto: designscollage.com
Ruang tangga/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Tidak tersedia ruang khusus untuk shalat, mahasiswa Islam di Belanda terpaksa melakukan shalat di pojok depan tangga gedung sekolah tinggi Hogeschool van Amsterdam. Aksi ini mereka lakukan sebagai tanda protes. Mereka berharap bisa memperoleh ruang shalat sendiri. Namun direksi sekolah tetap bersikukuh menolak tuntutan ini.

Tahun lalu direksi memutuskan menutup ruang tenang di sekolah. Beberapa mahasiswa menggunakan ruang itu untuk melakukan shalat. Direksi tidak menginginkan kegiatan macam itu di ruang tersebut. Juru bicara sekolah mengatakan, bukanlah tugas lembaga publik memfasilitasi tempat yang bertujuan untuk kegiatan religius.

Juru bicara Hogeschool van Amsterdam mengatakan, “Gadis-gadis itu datang ke sini untuk mengikuti pendidikan, untuk mengemansipasi diri. Itulah tugas kami sebagai sekolah tinggi. Kami bukan masjid. Masjid terbesar Amsterdam terletak hanya sepuluh menit dari sini. Siapa yang ingin meluangkan waktu untuk kegiatan agama, bisa saja ke sana. Mahasiswa kami juga tidak keberatan untuk jalan jauh membeli roti.”

Namun, mahasiswa yang memprotes tindakan sekolah, merasa dirinya tidak dimengerti. Mereka ingin shalat di ruang tenang di sekolah, tanpa mengganggu orang. Tapi mereka sekarang terpaksa melakukan itu di dekat tangga, kata juru bicara mereka.

“Kami memperhatikan, makin sedikit orang yang shalat. Para mahasiswi yang berjilbab merasa terganggu. Ini tidak praktis bagi mereka. Mereka memerlukan ruang tertutup yang bisa ditutup pintunya, sehingga mereka tidak diganggu orang yang lalu lalang. Sebelum shalat, kami harus berwudhu. Selama ini kami lakukan itu di toilet. Bagi kami bukan masalah. Tapi, orang keluar masuk di sana dan bertanya ‘Apa yang kamu lakukan?’ Itu tidak mudah.”

Para mahasiswa mendapat dukungan dari Ahmed Marcouch, anggota parlemen dari partai buruh PvdA. Menurut Marcouch “sekolah harus juga memperhatikan kebutuhan siswanya.” Sekolah adalah “lembaga edukatif”.

Sekolah tinggi negeri seperti Hogeschool van Amsterdam menerima mahasiswa dengan latar belakang yang beragam. Adalah tugas sekolah untuk menangani keanekaragaman itu secara baik.

sumber : RNW
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement