Kamis 01 Mar 2012 19:53 WIB

Tornado Tewaskan Belasan Orang di Tiga Negara Bagian AS

Rep: Ani Nursalikah/ Red: Chairul Akhmad
Angin Tornado menghancurkan rumah-rumah warga di Harrisburg Ill, Illinois, AS, Rabu (29/2).
Foto: AP
Angin Tornado menghancurkan rumah-rumah warga di Harrisburg Ill, Illinois, AS, Rabu (29/2).

REPUBLIKA.CO.ID, HARRISBURG – Diana Turner terbangun akibat suara sirene peringatan badai yang meraung. Waktu belum genap menunjukkan pukul 05.00 pagi waktu setempat.

Ia lalu mengenakan jubah mandi dan membuka pintu belakang rumah untuk melihat apa yang sedang terjadi. Sayang, sudah terlambat untuk melarikan diri.

Dalam sekejap, dinding trailer miliknya runtuh. Ia terjebak di bawah puing-puing dekat pintu belakang. Suaminya, Charles, berada di kamar mandi, terperangkap di bawah lemari.

Turner patut bersyukur, ia dan suaminya selamat. Mereka hanya mengalami luka gores dan memar. "Banyak orang di luar sana yang keadaannya lebih buruk dari kami. Kami sangat, sangat beruntung," ujarnya, sebagaimana dikutip dari laman The Age, Kamis (1/3).

Puing-puing rumah berserakan di mana-mana. Peralatan rumah tangga, lemari, pepohonan tampak berserakan. Darrell Osman dan adik perempuannya tampak mengais sisa-sisa harta benda yang tersisa di rumahnya. Mereka hanya berhasil menemukan 10 dari ratusan foto keluarga. Sebagian foto itu terendam lumpur dan rusak karena terkena air. Osman dan adiknya harus merelakan kepergian ibu mereka, Mary Osman.

Badai berkecepatan 170 mil perjam tersebut memporak-porandakan Kota Harrisburg, Illinois yang berpenduduk sekitar 9.000 orang. Sekitar 300 rumah hancur, sebuah fasilitas medis dan gereja juga tak luput dari terjangan badai. Sekitar 100 orang terluka. Enam orang dinyatakan tewas dalam bencana tersebut.

"Banyak rumah yang roboh dan mobil-mobil berserakan. Anda tidak dapat membayangkan betapa mengerikannya keadaan di sini," kata Walikota Harrisburg Eric Gregg kepada CNN. Ia mengatakan Harrisburg adalah sebuah kota kecil di mana warganya saling mengenal satu sama lain. Ia juga menyatakan optimis petugas penyelamat mampu menemukan warga yang hilang.

Sebelumnya, badai juga menerjang tiga negara bagian di wilayah Midwest. Sebanyak 12 orang dilaporkan tewas. Badai tersebut mengakibatkan kerusakan besar di wilayah Illinois, Missouri dan Kansas. Rumah mobil dan rumah-rumah rata dengan tanah di kota tersebut.

Di Missouri, satu orang tewas di Kota Buffalo atau sekitar 35 mil di utara Springfield. Dua kematian lagi dilaporkan di daerah Cassville dan Puxico. Sebanyak tiga orang dilaporkan tewas di timur Tennessee, dua di Cumberland County dan lainnya di DeKalb County.

AP

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement