Jumat 02 Mar 2012 09:07 WIB

Pejabat Israel: AS, Cekik Segera Iran!

Rep: Aghia Khumaesi/ Red: Didi Purwadi
Iran - ilustrasi
Iran - ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN -- Seorang pejabat Israel dilaporkan telah menyerukan Barat secepatnya memberlakukan sanksi terhadap Iran. Sebab, sanksi berat dapat membuat rakyat Iran kelaparan sehingga akhirnya memaksa Republik Islam melepaskan program energi nuklirnya.

"Mencekik sanksi bisa menyebabkan situasi ekonomi yang serius di Iran dan kekurangan makanan," kata seorang pejabat Israel seperti dikutip laman berita Israel Ynet. "Ini akan memaksa Iran mempertimbangkan apakah petualangan nuklirnya bermanfaat.''

Tanpa bersedia disebutkan namanya, pejabat Israel itu menyerukan Amerika Serikat segera memimpin dunia Barat untuk menerapkan sanksi mencekik bagi Iran. AS diminta jangan menunggu atau ragu-ragu.

"Dalam rangka mencekik segi ekonomis dan diplomatis Iran, maka sanksi harus segera dilakukan sekarang tanpa penundaan," tegasnya. ''Rezim di sana harus menghadapi situasi tanpa harapan.''

Komentar itu datang setelah Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, akan bertemu Presiden AS, Barack Obama, di Washington pada 5 Maret mendatang. Keduanya akan membahas program energi nuklir Iran.

sumber : presstv.ir
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement