Sabtu 03 Mar 2012 10:33 WIB

Cegah Krisis Nuklir Iran, Kanada Siapkan Solusi Damai

Stephen Harper
Foto: artthreat
Stephen Harper

REPUBLIKA.CO.ID, OTTAWA---Perdana Menteri Kanada Stephen Harper mengatakan Kanada mengakui hak Israel "untuk mempertahankan kedaulatannya", tapi memilih penyelesaian damai bagi krisis mengenai dugaan program senjata nuklir Iran.

PM Kanada itu mengeluarkan pernyataan tersebut dalam konferensi bersama dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, yang sedang berkunjung, di gedung Parlemen Kanada.

Ketika berbicara setelah pertemuan pribadi mereka, Harper menyatakan Kanada akan terus bekerja sama dengan masyarakat internasional guna menekan Iran agar meninggalkan program senjata nuklirnya, segera mengizinkan pemeriksa internasional ke semua tempat nuklirnya dan mematuhi resolusi Dewan Keamanan PBB.

"Kanada akan terus mengerjakan bagian kami untuk membantu tercapainya perdamaian yang adil, menyeluruh dan langgeng di wilayah itu," ia menambahkan. "Posisi Kanada sangat jelas. Kami tentu saja mengakui hak Israel untuk mempertahankan diri sebagai negara merdeka. Itu menyatakan kami ingin melihat penyelesaian damai bagi masalah ini dan kami ingin melihat setiap tindakan dilakukan bagi penyelesaian damai situasi ini."

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement