Sabtu 03 Mar 2012 11:19 WIB

Iran-Turki-Azerbaijan Bertemu, Konsolidasi Kekuatan?

Jarak iran dengan beberapa negara
Foto: bloomberg
Jarak iran dengan beberapa negara

REPUBLIKA.CO.ID, BAKU---Para menteri luar negeri Turki, Iran dan Azerbaijan akan bertemu pada 7 Maret di Nakhchivan Azerbaijan untuk membahas isu-isu regional.

Menurut Menteri Luar Negeri Azerbaijan Elmar Mammadyarov, pertemuan itu akan berfokus pada masalah-masalah regional dan kerja sama di kawasan. "Kami telah sepakat untuk mengadakan pertemuan dua kali setahun. Pertemuan berikutnya akan diadakan di Turki," kata menteri.

Sayang, Mammadyarov enggan merinci lebih lanjut tentang isi pertemuan tersebut. Namun, muncul spekulasi bahwa pada pertemuan mendatang, Mammadyarov dan rekan-rekannya dari Turki dan Iran, Ahmet Davutoglu dan Ali Akbar Salehi, diperkirakan akan membahas masalah-masalah yang berkaitan dengan penyelesaian damai konflik di wilayah tersebut.

Pertemuan juga akan membahas upaya regional untuk memerangi terorisme, kejahatan terorganisir, perdagangan narkoba dan perdagangan manusia ilegal.

Tiga menteri luar negeri juga akan membahas cara-cara untuk memperdalam kerja sama melalui pertumbuhan ekonomi dan pembangunan berkelanjutan. Pertemuan pertama semacam diadakan pada April 2011 di Urmia, Iran.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement