Sabtu 03 Mar 2012 16:28 WIB

83 Tornado Tewaskan 14 Orang di AS

Rep: Aghia Khumaesi/ Red: Hafidz Muftisany
angin Tornado
angin Tornado

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK-- Empat belas orang tewas dan beberapa lainnya terluka di wilayah tenggara dan tengah Amerika Serikat, karena 83 tornado menyapu seluruh negeri ini.

Badan Cuaca Nasional mengatakan, "Kami telah menerima 83 laporan tentang tornado di daerah yang terkena bencana, Jumat (2/3) malam," katanya, Sabtu (3/3), dikutip press tv.

"Kota kecil diseluruh Marysville di Clark County, negara bagian Indiana ikut tersapu, dengan satu orang tewas di daerah ini dan dua orang juga tewas di kota Holton, Indiana," ujar pejabat lokal setempat.

Departemen Keamanan Dalam Negeri dari Indiana juga mengatakan, enam orang lainnya tewas di negara Jefferson dan Scott. "Lima orang juga tewas di negara bagian Kentucky," tambah para pejabat.

Layanan cuaca melaporkan, "Situasi ini sangat berbahaya dan menambahkan bahwa ada kemungkinan tornado yang merusak, ditambah dengan hujan es besar mencapai 2,5 inci (6,4 cm), dan hembusan angin badai sampai 70 mil (112 kilometer ) per jam yang sangat berbahaya." lapornya.

Menurut kantor cuaca, Madison County di negara bagian Alabama juga terkena tornado dan orang-orang terjebak dalam reruntuhan dengan cedera. Selain itu, enam orang terluka di kota Cleveland di negara bagian tenggaraTennessee, layanan cuaca mengatakan.

Pada Rabu (29/2) kemarin, enam orang tewas dan lebih dari 100 lainnya terluka oleh twister di kota Harrisburg di negara bagian Illinois.

Jadi, Pada tahun 2011 ini, sekitar 545 orang tewas akibat tornado di seluruh Amerika Serikat. Menurut Badan Cuaca Nasional, tahun lalu adalah musim tornado paling mematikan yang pernah terjadi sejak 1936.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement